-->
Sunday 15 March 2015

Macam Macam Cidera dalam Olahraga dan Cara Pencegahnnya

Tak bisa di pungkiri bahwa olahraga adalah kebutuhan penting bagi manusia, baik itu sepakbola, voli, bulu tangkis, dan sebagainya, tetapi dalam melakukan olahraga biasanya kita melakukan kesalahan kesalahan gerakan dan menimbulkan sakit atau cidera pada anggota tubuh kita, disini kami memberikan informasi tentang Macam Macam Cidera dalam Olahraga dan Cara Pencegahnnya tersebut


1. Pertama salah urat, cidera ini sering dialami oleh pelari atau pesepakbola, cidera ini timbul karena salah gerak atau kelelahan pada tendon karena aktivitas berlebih
Pencegahan : peregangan dan hindari gerakan gerakan menarik otot secara tiba tiba, dan jangan tergesa-gesa kembali olahraga bila ondisi belum benar benar pulih ditakutkan cidera akan kembali kambuh

2. Kedua Otot tertarik, cidera semacam ini sering teradi pada kita saat sedang lari, jogging dan lainya sebabnya yaitu tidak atau kurangnya pemanasan yang cukup, kelelahan otot dan otot lemah
Pencegahan : Peregangan dan pemanasan yang cukup sebelum dan sesudah olahraga, sebagian orang justru malah tidak pernah melakukan peregangan setelah olahraga, masalah ini sering sekali pada sesorang, hindari berlatih saat tubuh sudah merasa lelah.

3. Ketiga cidera lutut, hampir semua aktivitas olahraga pernah mengalami cidera lutut, sakitnya  terbanyak terjadi pada sendi dan tulang rawan (retak), termasuk sakit dan nyeri yang terkait dengan tempurung lutut.
cidera ini sering terjadi pada pelari, perenang, pesepakbola, dan lainya
Pencegahan : Kenakan sepatu khusus dengan sol lembut dan ganti sol secara teratur. Pilih sepatu sesuai jenis olahraga dan mampu menopang berat tubuh. Istirahatkan kaki dalam jangka tertentu, untuk mencegah beban berlebihan pada anggota tubuh. Jika lutut cedera, kompres es selama kurang lebih 20 menit untuk menghindari peradangan.

4. Keempat otot pergelangan kaki, cidera ini sering terjadi pada pesepak bola, hoki, pebasket, dan pevoli, cidera ini terjadi karena gerakan seperti melompat, berlari, dan berhenti mendadak menyebabkan tendon terjepit.
Pencegahan : Perkuat pergelangan kaki dengan naik turun tangga, squad jump, atau olahraga sejenisnya. pakailah elindung kaki untuk meminimalkan risiko

5. Kelima Cidera Paha : mungkin sesekali kita pernah mengalaminya setelha melakukan aktivitas olahraga, sakitnya terjadi pada paha dan terasa nyeri yang sangat, juga terjadi pembengkakan pada otot paha
Pencegahan : peregangan sebelum berlatih latihan untuk menguatkan kaki terutama paha, berlatih dengan bertahap

6. Keenam Cidera tulang kering, Biasa terjadi pada pemula, yang berambisi ingin meningkatkan tahap latihanya. Memakai alas kaki yang tidak sesuai dengan jenis olahraganya. Termasuk melompat dan berlari di landasan yang keras.
Pencegahan: Pakailah alas kaki yang tepat, berlatih secara bertahap, dan melakukan peregangan sebelum dan sesudah olahraga, dan tidak berlebihan.

7. Ketujuh Cidera Sakit punggung bagian bawah, sering terjadi karena duduk terlalu lama, banyak terjadi pada pembalap
Pencegahan : Lakukan pemanasan dan peregangan sebelum, selama, dan sesudah berolahraga. Gerakan meluruskan punggung dengan menarik perlahan kedua tangan ke atas dan menekuk punggung ke samping.

8. Kedelapan Cidera bahu, cidera ini terjadi akibat salah posisi, salah urat, dan ketegangan otot, aktivitas berlebih dan gerakan yang salah di daerah bahu sehingga mengenai tendon (urat). Gejalanya nyeri, kaku pada bahu, otot terkilir, hingga tulang retak.
Pencegahan: Untuk olahraga yang rentan benturan gunakan pelindung khusus.

9. Kesembilan Cidera siku, sering terjadi pada olahraga seperti golf, tenis, badminton, baseball dan lainya, penyebabnya karena terlalu berat beban dan terus menrus terjadi pada daerah siku sebagai tumpuan.
Pencegahaan : Latihlah daerah lengan, misalnya memutar perlahan pergelangan tangan, dan lindungi siku saat berolahraga


Sekian Post Macam Macam Cidera dalam Olahraga dan Cara Pencegahnnya, pantengin terus blog ini ya :) hehe
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.